Pembuatan puisi ibu sedih dapat dilakukan dengan berbagai cara.  Berbagai cara tersebut tak pernah luput dari banyaknya tema – tema yang akan digunakan.  Dengan berbagai variasi dan juga improvisasi yang dilakukan oleh orang – orang membuat semakin banyaknya jenis dari puisi – puisi yang bertemakan ibu ini. ibu adalah tema umum, masyarakat dapat memilih tema – tema yang lebih khusus yang berkaitan dengan ibu. Banyak tema yang dapat digunakan untuk membuat puisi tersebut. Selain lebih spesifik tema tersebut juga akan membuat puisi yang dimiliki menjadi lebih orisinil lagi. Berikut beberapa tema yang dapat digunakan untuk membuat variasi puisi ibu:

  1. Kebiasaan

Kebiasaan adalah salah satu hal yang dimiliki oleh semua orang. Sub tema puisi tersebut juga berhubungan dengan ibu. Masyarakat dapat membuat sebuah puisi yang bertemakan kebiasaan – kebiasaan yang dimiliki ibu. Mulai dari kebiasaan untuk  membangunkan dengan menyiram air hingga kebiasaan – kebiasaan aneh dan penuh kenangan lain seperti selalu menyiapkan bekal di tas sekolah. Hal tersebut akan memberikan sebuah sensasi tersendiri bagi ibu yang mendengarnya.

  1. Kenangan

Kenangan adalah hal – hal yang diingat dari ibu. Seperti kenangan ketika ibu mengajari naik sepeda atau ketika ibu mencium bagian tubuh yang terluka saat bermain sepeda.

  1. Masakan

Hal yang selalu diingat adalah masakan yang dibuat oleh ibu. Masakan – masakan ibu adalah salah satu masakan terbaik yang ada di dunia. karena hal tersebut lah membuat pusi betapa masakan ibu sangat enak juga dapat dilakukan

  1. Perilaku

Perilaku ini hampir sama seperti kebiasaan  akan tetapi lebih cenderung ke hal- hal yang selalu dilakukan oleh ibu ketika sang anak nakal seperti menjewer.

  1. Kebaikan

Kebaikan ibu sangat banyak jenisnya. Ketika ayah melarang membeli sesuatu dan ibu secara diam – diam membelikan untuk anaknya. Hal tersebut termasuk dalam salah yang dapat dijadikan sub tema puisi tentang ibu. Dengan berbagai ingatan akan kebaikan ibu puisi tersebut akan memberikan sebuah apresiasi pada jiwa keibuan wanita.